Interview With Cuber : Muhammad Irill Khairul Anam


Ini dia WR Holder kita, Muhammad Irill Khairul Anam

Muhammad Irill Khairul Anam, lebih akrab disapa Irill. Satu-satunya cuber Indonesia yang memegang World Record. Irill memegang WR untuk event Multi Blindfolded 3×3 dengan 16/16 selama waktu 1 jam. Dia mencatatkan rekor ini pada Jakarta Open 2010 yang lalu. Selain itu dia juga mencatatkan Asian Record untuk event Blindfolded 5×5 pada Jakarta Open 2010 juga, sekarang rekor ini dipegang dipegang oleh cuber Malaysia, Chester Lian. Dan satu lagi, dia juga pemegang National Record untuk Single BLD dengan waktu 1:01,xx. Sangat membanggakan dunia cubing Indonesia. Indonesia akhirnya disebut-sebut sebagai New Germany karena kedigdayaannya dalam dunia BLD.

Berikut interview saya dengan pemuda hebat ini.

1. Kapan mulai cubing?

April 2009
2. Ceritakan perkembangan anda maen rubik?

Setelah mengenal rubik sekitar bulan April 2009, tiga hari kemudian bisa solve setelah belajar dari metode beginner ryanheise.com . awal mei mulai ikut komunitas di JRC.  Juni 2009 mempelajari Blindfold dari Abel Brata dengan metode 3OP (gk mau kalah sama Marco dan Ian).

Akhirnya di IO (Indonesia Open 2009) aku berhasil mencatat waktu 3.16.xx untuk single BLD (padahal target sub 2.30.xx) dan MBLD 2/3 (baru nyoba BLD 3x, itupun cuma 2 biji, soalnya make visual) dengan 3OP. Untuk speed avg di IO nurun jauh, dapat avg 26xx. padahal sebelumnya sudah 23an.

Setelah IO rehat selama kurang lebih 2 bulan. Gak rehat total, cuma cubing santai.

di awal Oktober mulai cubing lagi dan mulai belajar big cubes bld.
dan M2 untuk BLD 3x3x3

di awal November mulai belajar MBLD, dan mulai mempelajari turbo.

Selama 2 bulan itu latihan BLD minimal 3x seminggu. Sisanya BLD 3×3, 4×4, 5×5. Juga belajar FMC dan tetep berusaha nembus sub 20.
Di JO 2010 (Jakarta Open 2010), tetep gak berhasil nembus sub 20, bahkan best yang gw dapet cuma beda 0,xx sekian detik dari IO 2009. Dan avg 24..xx, biasanya 22.xx

Setelah itu rehat lagi kurang lebih2 bulan, soalnya agak bosen dan udah puas . hehehe…… maksudnya rehat biar main cubing jadi asik lagi

Sekarang berusaha menghapal OLL dan harus sub 20.xx di IC (Indonesian Championship 2010). Target avg 18.xx

3. Biggest accomplishment selama maen rubik?

Bisa dapat avg 10.xx untuk speed 3x3x3, udah puas banget itulah. Udah keren dan dewa gw rasa. Biarpun terkesan kayak mimpi, tapi “pada dasarnya segala sesuatu adalah mungkin” – Deddy Corbuzier
4. Cuber yang berpotensi menurut kamu siapa?

Yoga Pancawara , dia orangnya santai, main cubing gak terlalu niat banget mecahin NR atau apalah. Yang penting asik, dan itulah inti sebenarnya dari bermain cubing, mencari teman dan kesenangan. Biarpun begitu dia tetep cepet mainnya. Rekor bukanlah segalanya.
Brian Imanuel, ini bocah masih 11 tahun tapi udh sub 20. hampir sub 15 malah ==a
Glenn Rumindo. DEWA, baru 1 SMA (CMIIW) udah bisa MBLD sampe 12 buah. gw gak tahu single dia berapa. Sayangnya dia gak bisa ikut kompetisii karena berbagai alasan.

Nathan Azaria. Biarpun main PB selalu cacad, dan freg minus trus. Tapi gak ada yg meragukan pengetahuan dan kepintaran dia.
Jihan, si anak nya dari raja setan dari neraka terdalam. Udah dewa bgt. Nggak hanya cepat di 3x3x3, tapi dia juga jago di bidang lain, BLD 3x3x3, BLD 4x4x4. dan juga speed untuk big cubes.

Semua yang membaca tulisan ini. saya yakin semua dari anda pasti akan menjadi cuber hebat, sisanya tergantung niat dan dedikasi anda. hanya tinggal masalah waktu

5. Cubing hero kamu siapa?

Ville Sepannen. Dia gak hanya jago BLD, tapi juga jago untuk speedcubing. Hampir menjadi seorang cuber yg ‘sempurna’.

6. Kesibukan lain selain cubing?

Hobi main game online, main poker sama temen. Tapi gak suka olahraga. Hobi yang gak mungkin dipisahkan adalah komik dan novel 🙂
7. Iklim cubing di Indonesia menurut anda gimana?

LUAR BINASA, dimana-mana ada rubiks. Sayang rasanya kalo ketemu orang bisa main rubiks kesannya agak sombong dan sok jago, jadi BT. Di luar, gw gk pernah megang rubiks lho. Paling di kampus atau rumah, atau pas gath
8. Main event apa aja?

FMC, speedcubing, BLD.  Dan sekarang lagi belajar with feet.
9. Event apa mana yang paling disukai?

Semuanya, buktinya saya ikut semua event di setiap kompetisi kecuali IO 2009, karena blom bisa.
10. Rubik yang dipake merek apa?

Saat ini Rubiks Original, store bought. Karena keras dan berat, dan jarang pop. Soalnya kalo cube lain bisa fingerslip, atau pop. Ada saran??
11. Metode yang dipake apa?

Speed 3x3x3 – CFOP
BLD 3x3x3 – M2/turbo
12. Apa yang membuat anda tertarik main rubik?

Lho, kok bisa selesai?
13. Waktu di Jakarta Open 2010 kemaren anda mencatat WR untuk Multi BLD, ceritakan mengenai saat2 itu, juga usaha anda untuk mendapatkan WR tersebut.

Saya sama sekali gak bermimpi untuk mecahin WR. Bahkan saya baru dapat hasil 16/16 3x di rumah sebelum JO. Tapi saya gak ingin mengecewakan teman-teman JRCC, saya akan memberikan hasil yang terbaik. Berkat restu dari orang tua, dukungan teman-teman. dan bantuan dari Allah SWT, saya mecahin WR.
Saya gak mau bermimpi untuk memecahkan sesuatu, apabila mimpi tersebut tidak tercapai, dampak negatifnya saya bisa stres… kalau terlalu nafsu malah bisa dapat DNF mulu

14. Tujuan dalam cubing yang belum tercapai apa?

Sub 20 untuk speed 3x3x3

Sub 120 untuk speed 4x4x4

Sub 180 untuk speed 5x5x5

Sub 70 untuk BLD 3x3x3.
15. Last but not least, harapan buat dunia cubing indonesia..

Masih ada kesempatan untuk kita semua, mengejar cuber-cuber luar yang sudah main lebih dulu. Jangan patah semangat.

Irill saat memecahkan World Record Multiple BLD di Jakarta Open 2010

Pangkalpinang, 5 Mei 2010

13 respons untuk ‘Interview With Cuber : Muhammad Irill Khairul Anam

    1. ini semua komennya “ada nama saya”, “nama gw disebut”, “kok gak ada nama gw”..Coba wawancara gw, gw sebutin semuanya satu2..hahaha

Tinggalkan komentar