Interview with Cuber : Arif Yulian Nur a.k.a Virkill


Virkill makan rubik

Arif Yulian Nur atau lebih dikenal sebagai Virkill adalah seorang cuber yang menjabat sebagai Ketua NSA (Nusantara Speedcubing Association), induk organisasi pecinta rubik di Indonesia. Dia merupakan salah satu penggerak dunia rubik di Indonesia sehingga bisa semarak seperti sekarang. Dengan virkill.com-nya, dia mulai membius para cuber Indonesia untuk terus maju dengan menyajikan artikel-artikel yang berbobot. Kecintaannya pada rubik mendorong dia untuk membuka toko rubik bernama Virkill Cubeshop di Saphir Square, Jogjakarta. Dia merupakan penemu metode memorisasi PAPA Journey yang merupakan metode handal untuk BLD. Virkill juga adalah BLD 4×4 Solver pertama di Indonesia. Satu hal lagi yang mengesankan dari Virkill, dia menciptakan rubik merek VC (Virkill Customization) yang direview sangat baik oleh beberapa cuber top Indonesia.

1. Kapan mulai cubing?
Aku masih inget, akhir juli 2008. Jalan Jalan di sebuah dept store deket UGM, nemu mainan kotak dan taruhan sama si pacar aku bisa menyelesaikannya dalam semalam (bersama paman gugel tentunya. hehe) I did it.. dan seperti yang lain,mulai haus kecepatan.

2. Ceritakan perkembangan anda maen rubik?
Sejak bisa solve, tiap jam istirahat dan pulang kantor mesti ngobrak abrik web dan youtube untuk nyari cara lebih cepet. Saat itu di indo cuman ada abel yang bikin web tentang rubik (kagak diupdate saking sibuknya) dan indorubik.com (senasib). Melihat wca rank untuk Indonesia dan hanya ada 3 nama (termasuk Maria Oey) jadi mimpi untuk membawa Indonesia menggebrak dunia speedcubing suatu saat nanti. Dengan berbekal ilmu alakadarnya mulailah merilis virkill.com. Nongkrong jawabin pertanyaan di thread rubiks cube di kaskus sampai akhirnya pak DD Crow ngajak gabung jadi moderator Rubikku yang pertama dan mulai mendrive massa ke situ.

Kala itu yang terkenal tentu saja Abel Brata, dan di kalangan ‘cuber underground’ ada Adenk, DD Crow dan Yudhi Begex. Kecepatan saya masih sub 30 saat itu. Berguru pada mereka mereka yang sudah lebih cepat, dan sekaligus ingin tantangan yang lebih manthab, saya belajar 4×4, BLD, OH, 5×5,2×2 dll. Saat itu hanya Abel yang mampu menyelesaikan banyak event mengacu pada WCA sementara cuber lain hanya fokus di 3×3.

3. Biggest Accomplishment selama maen rubik?
Biggestnya menurut saya adalah sebagai peramu PAPA Journey. Sistem memorisasi yang disempurnakan untuk akurasi BLD, Multi, dan Big cubes BLD. Sistem memorisasi ini merupakan salah satu kunci melesatnya kemampuan indonesia di kancah BLD meskipun PAPA journey tidak cocok untuk single BLD dalam hal kecepatan. Dewasa ini menjadi sistem memorisasi BLD mainstream di Indoensia dan masih menahan diri untuk tidak mempublikasikannya secara terbuka. Biarlah detail PAPA journey menjadi harta Indonesia. πŸ™‚

Menjadi salah satu founder dan ketua NSA belum saya anggap sebagai accomplishment mengingat masih banyak yang perlu dibenahi,dan jujur saya merasa kemajuan luar biasa yang dicapai NSA saat ini justru merupakan hasil jerih payah rekan rekan yang lain seperti Ibu maria Oey, Abel, Arnold, Kingman, Wicak, dan lain lain.

4. Cuber yang berpotensi menurut anda siapa?

Nathan di speed. Jenius dia

Cristo ‘berenda’ Devinco. Next master BLD

5. Cubing hero anda siapa?

Aku pernah bikin thread tentang ini.Β  Ada banyak banget.Tp yang jelas:
Lokal : Abel Brata sang pionir, Maria Oey our godmother, Wicaksono Adi the real provocator

Luar : Cris Hardwick, Dennis Stehrlau, Mike Hughey.

6. Kesibukan lain selain cubing?
Managing virkillstore, managing sweetbearry froyo untuk jogja solo semarang.

7. Iklim cubing di Indonesia menurut anda gimana?
Great. Kita sampai di suatu puncak dimana rubiks jadi sangat populer,namun berlum terlalu populer. Ini perlu dibina secara cermat dengan penyelenggaraan kompetisi yang official dan jangan terlalu sering untuk menjaga iklim ini bukan sekedar tren. Industri dan bisnis seputar cube juga berjalan dengan pesat. Yang perlu dicermati adalah, speedcubing perlu dikomersialisasikan secara profesional untuk menjaga keseimbangan. Para cuber pro mendapat benefit dari hadiah hadiah lomba,para pemula menjadi konsumen dan mencoba mengejar posisi puncak, dan industri+bisnis seputar cube tidak hanya menjadi lintah tren namun juga penyupport speedcubing tetap digemari dengan menyelenggarakan kompetisi,mendukung kegiatan speedcubing, dll.

8. Main event apa aja?
2×2, 3×3, 4×4, 5×5, 6×6, 7×7, pyraminx, magic, OH, BLD, Multi BLD

9. Event apa mana yang paling disukai?
BLD, OH

10. Rubik yang dipake merek apa?
2×2 : Lan Lan
3×3 : VC, Edison
4×4 : Mefferts
5×5 – 7×7 : V-cube
pyraminx : Mefferts
megaminx : MF8
square-1 : MF8

11. Metode yang dipake apa?
CFOP standar πŸ™‚

12. Apa yang membuat anda tertarik main rubik?
Ditantang si pacar ^^

13. Anda membuat cube VC (Virkill Customization), apa kelebihan cube ini? Referensi anda dalam membuat rubik jenis ini apa?

Secara struktur, VC adalah replika edison dengan materi plastik yang lebih ringan. Keunggulangannya adalah stopping mechanism yang mencegah overturn. sangat cocok untuk One Handed event. Pengguna VC di Indonesia mendekati angka 1000. Banyak yang memesan dari satu daerah di indonesia, dan memesan kembali dalam jumlah banyak karena teman temannya pada suka.

14. Anda sekarang seperti lebih banyak berperan di balik layar dunia cubing Indonesia, tanggapan anda?
Dari awal sebenarnya saya ingin hanya di belakang layar. Saya sadar saya tidak memiliki tangan cepat ataupun memori yang hebat untuk maju sebagai prajurit cuber yang membawa nama indonesia. Saya mencoba membawa perubahan dengan menyusun konsep dan roadmap untuk speedcubing indonesia. Tohpun saya juga tidak memiliki bakat dalam melaksanakan konsep-konsep tersebut. Syukurlah saat ini sudah ada banyak orang orang hebat di NSA. πŸ™‚ Saatnya regenerasi.

15. Last but not least, Harapan buat dunia cubing indonesia…

Indonesia akan melahirkan cuber cuber tangguh dan organisator yang mampu melanjutkan NSA secara mumpuni. Banzai!!!

Virkill BLD 4×4

Virkill is Legend…

Pangkalpinang, 4 Mei 2010

25 thoughts on “Interview with Cuber : Arif Yulian Nur a.k.a Virkill

  1. Pertama ketemu virkill di LTC, peresmian JRCC. Waktu itu beliau dateng bareng Begex, sempet demo OH and BLD. Walaupun saat itu gagal BLD, tapi pertama kali itulah aku ngeliat orang main BLD pertama kali. Salut..ramah banget orangnya.. πŸ˜€

    1. Yes, gw baca thread yang ditungguin dia di Kaskus (di CYSTG), walaupun telat..Gw ngikutin terus perkembangan dia. And i’m so amazed with this guy. Pendobrak dunia cubing Indonesia. You’re a legend, Virkill!!

  2. pertama kali denger ttg virkill scr gak sengaja gw nemu artikelnya di kaskus.

    artikel penjelasan mengenai dedy cor***** vs abel brata. mantab abis lah cara dia ngejelasinnya

    singkat kata gw jd tertarik mendalami beginner method gara2 artikel itu.

    sukses trs bro virkill, and thx 4 ur nice interview Ndik!!

    ^_^

  3. wahh virkill menurut saya seorang cuber jempolan tanah air lah…
    perjuangan bliau meramaikan cubing tanah air memang membuahkan hasil yg luar biasa..

    dewasa ini sudah banyak sekali orang2 yg memainkan rubik, mulai dari sekedar iseng, sampai yg benar2 mendalaminya…

    salut buat pak virkill :))

  4. Aku pernah menboca menyelesaikan rubic cube tapi hasilnya GAGAL TOTAL.. πŸ˜€

    Gile susehh bener..Dan perna juga cari solusi di virkill tapi bener2 ga mudeng juga ya udah jadinya di tinggal begitu saja..

    Mungkin yang bisa mecahin yang otaknya pinter aja kali ya hehehehe..

    1. ah, nggak juga kok mbak. Cuma butuh kesabaran aja, karena banyak gerakannya. hehe, dan waktu tentunya untuk mempelajarinya.

      makasih mbak udah berkunjung. hehe

  5. NICE! Website berbobot bro! Dengan ini ilmu speredcubing di indonesia akan semakin berkembang, dan WR WR diluar BLD mungkin bisa menjadi milik Indonesia. Heheh. Mabtahb

  6. Btw gue juga ngeliat trit vk di kaskus lho! Oh iya, trit yang iril kena WR 16 cube itu yang bawa gue tenggelam lengkap dengan peralatan divingnya ke samudera cube πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s