Interview with Cuber : Maria Oey


Mom saat BLD di German open 2010 dengan Ton sebagai judge

Maria Oey, atau akrab dipanggil Mom di kalangan pecinta rubik. Dia adalah sosok ibu bagi para cuber Indonesia. Jasanya sangat besar dalam perkembangan dunia cubing di Indonesia. Mom merupakan orang Indonesia pertama yang mengikuti Official Competition WCA sekaligus orang Indonesia pertama yang mempunyai WCA Profile. Keluarganya adalah keluarga cuber dunia. Suaminya, Ton Dennenbroek, adalah seorang WCA Delegate untuk Belanda yang telah mengorganisir banyak kompetisi. Ton juga merupakan salah satu cuber yang paling banyak mengikuti Official Competition, lebih dari 50 kompetisi. Rama Temmink, anaknya, adalah Former WR Holder untuk 3×3 One Handed Average sebelum direbut oleh Yumu Tabuchi. Saat ini Rama juga masih berada di papan atas dunia cubing. MaRaTon, keluarga cuber hebat.

Indonesia Open 2009 yang merupakan Official Competition WCA di Indonesia tidak akan pernah terjadi tanpa ada campur tangan seorang Maria Oey yang dengan giat mengusahakan kompetisi ini terjadi. Saat itu, Indonesia tidak mempunyai WCA Delegate (yang merupakan syarat untuk Official Competition), dan juga para cuber Indonesia masih buta akan Official Competition. Indonesia Open 2009 adalah awal dari dunia cubing Indonesia menjadi seperti sekarang ini.

1. Kapan mulai cubing?

Mulai waktu Desember 2006, saat sakit berat jadi karena Mom tidak betah diam, iseng iseng ambil cube nya Rama dan puter kiri kanan sampe ketiduran , akhirnya Rama ajarin Mom caranya membuat corner dulu tanpa merubah cube, yang makan waktu sangat lama 🙂 .
2. Ceritakan perkembangan anda maen rubik?

Setelah itu Ton yang mengajari Mom LBL dan pada waktu Belgian Open 2007 pertama kali Mom ikut WCA Competition ( hasilnya lihat di WCA profile ya , Mom ga inget, pokoknya judge nya sabar 😀 )

Dan Setelah Lyon Open 2007 , Jóel Van Noort mengajarkan Mom F2L dan Mom practice trus sampai sekarang dan lumayan untuk umur seperti Mom ini di rumah sering dapat sub 20 sayangnya belum terealisir di WCA competition tapi Mom yakin akan terjadi secepetnya ( harapan Mom ).

Yang Mom sangat PENASARAN itu adalah BLD, Mom sejak September tahun lalu mulai tertarik tapi bulan lalu baru Mom bisa dengan waktu 2 JAM saja karena dibarengi gosok pakaian , masak dll ( jadi Mom pikir ini Tidak BERES alias DNF saja ). Dan Mom sudah 2 kali ikut BLD di competisi dengan hasil DNF, yang terakhir cornernya Mom dpt Black Out, tapi Mom yakin Mom daya ingatnya BOLEH dikatakan BOLEH PUNYA ( menurut Rama ) karena Mom bisa ingat ulang tahun orang-orang yang pernah menyebutkan ultahnya.  Mom akan ingaaat walaupun lebih dari 25 tahun, jadi Mom pikir waktu saja yang akan menentukan kapan Mom bisa SOLVE BLD dengan serius latihan. Dan Mom yakin BLD itu bener bener suatu SENI Kecerdasan dan ketrampilan seseorang TERBUKTI ! BLD itu memakan KESUNGGUHAN berlatih. Karena itu Mom Bangga atau bisa dibilang SOMBONG mempunyai kalian SEMUA Indonesian Cuber yang mengangkat nama Indonesia ke taraf TOP International.


4. Cuber yang berpotensi menurut anda siapa?

Luar :  Andrew Kang, Edouard Chambon, Matyas Kuti. Mereka bertiga, tidak ada yang bisa ganti di hati Mom.

Domestic : Waaaaaaaaah SUSAAAAAAAAH Banyak sekali 🙂

Abel, Arief Boyscout, Ardianto, Nathan, Virkill ( tetep aja Mom sayang walaupun Mom udah dicuekin sama dia ), Mas DD ( trima kasih atas Rubikku nya yang menjadi RUMAH bagi kita kita para Indonesian Cuber ) dan Arnold ( Mom cuka curhat sama Arnold hehehehe ), Chilwin, Tammy ( favo speed female and buat guyonan Mom suka bercanda dengan dia ), Irill ( Trima Kasih Irill ), Paman Erry, mas Rudy ( dengan Bantuan buat Kasa NSA , Mom ga matre tapi senang kalau NSA kita walaupun belum syah di Notaris tapi diperhatikan apa lagi kalau dapat tambahan keuangan hihihih ), Fenny ( dengan BLD nya Kagum Mom ) dan Daryl ( dengan SQ-1 nya ), Jihan sang Bocah yang GIGIH mengejar targetnya. Dan seseorang yang Mom merasa seperti pribadi Mom ada di dia itu Wicaksono Adi , Mom rasa kalau Mom seorang pria Muda , Cerdas, Galak, Lucu, dan Tidak Monoton, Ada adaaaaaa aja Ide nya itu lah Mom yang ada di mas Chuck ( Jangan GR ya Mas Chuck ! ) dan tentu si Andik yang kreatif ga ada kerjaan lain sampe mau wawancarain orang orang 🙂


6. Kesibukan lain selain cubing?

Kesibukan Mom ya sebagai Ibu RT : memasak, bersihin rumah, belanja, gosok pakaian, heheheheh.


7. Iklim cubing di Indonesia menurut anda gimana?

Iklim Cubing di Indonesia SANGAT DASYAT !

8. Main event apa saja?

Semua jenis Puzzle’s yang Mom bisa itu biasanya kalau dijelaskan dengan stimulasi, jadi kalau cuma membaca Mom tidak akan mengerti. Maklum Mom tidak begitu cerdas seperti kalian. Magic itu Mom tidak tegaan, kasihan Magic-nya nanti rusak, jadi Mom ikut Magic Event cuma 2 kali atau 1 kali, Mom lupa. Sudah gitu Mom tidak sentuh lagi, kasihan.


9. Event apa yang paling disukai?

Event Favorite Mom setelah kalian hebat dengan BLD yaitu BLD hahahaah. Dulu waktu Rama masih OH, tentu favorite Mom OH sampe Mom yang GEMETERAN kalau OH event sedang berlangsung dan Mom rajiiiiin filming in Rama, tapi karena Rama waktu itu TIDAK ada saingan, MALASnya berlatih sampai akhirnya waktu WC 2009 WR nya di rebut oleh Yumu Tabuchi dia baru sadar bahwa dia malas berlatih sedangkan orang lain GIGIH berlatih. Padahal Mom yakin Rama itu kalau latihan dari WR nya yang ke 3 Dutch Champs 2008 latihan trus dengan MUDAH bagi dia untuk mendapat average 15 or 16 OH, tapi sekarang dia sudah bener bener MATI dengan Cubingnya, makanya Mom support kalian, terutama Jihan yang gila dengan OH ! Jadi Rama ada pengganti yaitu Jihan Putra Indonesia juga !


10. Rubik yang dipake merek apa?

Cube yang Mom pakai ialah Rubik’s DIY.


11. Metode yang dipake apa?

Fridrich CFOP


12. Apa yang membuat anda tertarik main rubik?

Rasa ingin tahu Mom mengenai Puzzle’s itu dari Mom kecil , Mom suka rebutan mainan seperti Sudoku tapi bentuknya seperti kotak dan harus meletakan angka-angka tersebut dan banyak lagi tapi Mom tidak ingat, Mom rasa Mom memang suka dengan Puzzle’s karena GREGETAN kalau tidak solve hihihihihih.


13. Anda begitu concern dalam hal organisator kompetisi, ceritakan sedikit mengenai hal ini.

Mom sekarang agak malas CEREWET di Rubikku lagi, hehehe , dulu Mom sangat cerewet karena Mom ingin Kalian Benar menjadi Cuber taraf International, tapi Mom lihat Hasilnya Memang HEBAT ! seperti ada pepatah orang kuno dulu : Jangan berikan anak mu gula gula karena akan merusak gigi dan kesehatan berilah daun pepaya dan kangkung karena walaupun Pahit tapi Menyehatkan!


14. Keluarga anda (MaRaTon) adalah keluarga cuber dunia. Ceritakan mengenai mereka.

Mom ga pernah NEBENG nama Ton, jadi dalam cubing Mom anggap Mom itu Single heheheheh , Kami jalan masing masing.


14. Tujuan dalam cubing yang belum tercapai apa?

Tujuan dalam cubing Mom Sudah TERCAPAI yaitu Indonesia dapat melakukan WCA Competitions di Indonesia karena Mom TELAH MEMBUKA PINTU dan jendela buat kalian untuk dapat BERKOMPETISI di Indonesia. Itu adalah cita-cita Mom buat Indonesia dan cita cita Mom buat sendiri BELUM TERCAPAI : BLD HARUS solve ! , SQ-1 ( Mom mau menjadi Super Cube MOM di Dunia dan Mom bilang Yes I’m Indonesian !), Pyraminx harus sub 10, yang lain belum ada di benak Mom


15. Last but not least, Harapan buat dunia cubing Indonesia…

Harapan Mom buat cubing di Indonesia :

Bersatu kita maju, mengangkat kecerdasan bangsa melalui cubing, Mempersatukan bangsa dengan cubing tanpa melihat jenis kelamin , agama , suku bangsa. Karena negara jiran kita bisa membangun negaranya tanpa dikriminasi. Kita membangun percubingan kita mulai dengan PERSATUAN yang UTUH dengan RESPECT kepada sesama sebagai bangsa. Mungkin dengan cubing , negara kita akan BERSATU dan maju ke masa depan yang cerah , karena Allah mengkaruniakan kita negara yang KAYA akan hasil bumi, karena itu kita pelihara negara kita untuk masa depan anak-anak atau cucu kita dengan KESATUAN YANG UTUH !
Viva Indonesia, Viva Indonesian Cuber…… ( ingat lagu lama waktu Mom kecil Aku anak Indonesia , anak yang merdeka. Satu Bahasanya, Satu Bangsanya etc Mom lupa selanjutnya hahahaha )

Ada tambahan dari Mom

Harapan dan Impian Mom yaitu : Indonesia PEGANG SEMUA WR disegala events ! Amien .

Kalau Mom pergi ke kompetisi dan di event Multi BLD Mom deg-degan seperti kalau Rama lagi OH , karena hasil Multi BLD Mom harapkan mereka tidak LEBIH dari kalian, artinya Mom TAKUT kalau WR pindah ke Negara lain, hahahahah.

WCA Profile Maria Oey

Maria Oey beatsMatyas Kuti Rubik’s Cube

Pangkalpinang, 17 Mei 2010

Iklan

5 thoughts on “Interview with Cuber : Maria Oey

  1. trtima kasih Andik , btw kenapa foto sio ton yang dipajang? merusak pasaran mom nih ahahahahahaah. OK trims ya sayaaaaaaaaaang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s