Interview with Cuber : Didik Danardono a.k.a DD Crow


DD Crow saat beraksi dengan gitarnya

Didik Danardono atau popular dengan nama panggung DD Crow. Gitaris papan atas Indonesia (sempat tergabung dengan Powerslaves dan Roxx) ini juga adalah cuber papan atas Indonesia. Mendirikan ICA (Indonesia Cubing Association) dan sekaligus menjadi Presidennya pada tahun 2005. Dunia cubing Indonesia sempat menggeliat. Anggotanya saat itu cukup banyak, mencapai 200 orang. Kemudian ICA bubar. Cubing di Indonesia kembali melemah. DD Crow kemudian membuat forum social network untuk Indonesia cuber, rubikku.ning.com yang fenomenal. Boleh dibilang, rubikku merupakan rumah dari para cuber. Interaksi dengan sesama cuber, sharing metode, ngobrol2, dan posting kemajuan dalam cubing membuat rubikku semakin popular. Kini membernya mencapai 3000 orang. Besarnya kontribusi seorang DD Crow dalam memajukan dunia cubing di Indonesia tidak terbantahkan lagi.
1. Kapan mulai cubing?
Mulai cubing tahun 1984-1985 an, kelas 5 SD, mulai bisa solve tahun 1988an, kelas 2 SMP (hahaha) solving pertamaku hampir 3 tahun.

2. Ceritakan perkembangan anda maen rubik?
wah ini panjang sekali, di skip dulu aja.

3. Biggest Accomplishment selama maen rubik?
kalo dalam speed dan skill lain saya biasa aja, Biggest Accomplishment selama maen rubik adalah bersama teman2 mengembangkan rubik Indonesia hingga sejauh ini.

4. Cuber yang berpotensi menurut anda siapa?
wah susah, kalo speed, so far ya Ando, Jihan, tapi belum tau juga karena sekarang udah makin banyak cuber cepat, perkiraan saya dalam waktu satu tahun ke depan, akan banyak speedcuber secepat Ando, Jihan, dan Indonesia sangat potensial menjadi negara cuber kuat dalam berbacai cabang (speed, OH, BLD, puzzle2 mekanik yang lain) dll

5. Cubing hero anda siapa?
Cuber hero saya Maria Oey dan keluarganya. Kalo lokal ya saya sendiri, Adenk, mas Chuck, Begex, Virkill, Abel, Tammy dll, banyak!

6. Kesibukan lain selain cubing?
jadi gitaris/musisi, audio engineer, running a music studio dan hal2 yang berhubungan dengan audio production..

7. Iklim cubing di Indonesia menurut anda gimana?
bagus, sedang tumbuh berkembang menuju arah yang sangat maju, sudah mulai bisa menyalip negara2 lain.

8. Main event apa saja?
2x2x2, 3x3x3 (2H dan OH), 4x4x4, 5x5x5, pyraminx, megaminx, mirror, dll, BLD saya baru bisa, belum bisa disebut BLDer karena masih ga akurat.

9. Event apa yang paling disukai?
3x3x3 speed dan OH

10. Rubik yang dipake merek apa?
apa aja yang penting enak mainnya dan warnanya

11. Metode yang dipake apa?
CFOP ala orang buta warna. Hahahaha

12. Apa yang membuat anda tertarik main rubik?
Sudah suka sejak kecil, menarik, menantang, mengolahragakan pikiran, mengalahkan kelemahan buta warna saya.

13. Anda dikenal sebagai cuber Undeground, setujukah dengan hal ini?
ga masalah, mau disebut cuber apa aja, yang penting have fun.

14. Dulu anda sempat mendirikan ICA (indonesia Cube Association), kenapa organisasi ini kemudian bubar?
ICA bubar karena salah satunya masalah pembiayaan, dan kesalahan ICA adalah kurangnya inisiatif semua member untuk memikirkan kemajuan cubing bersama secara lebih luas se Indonesia (ICA berbasis di Solo). dari sekitar 200 member ICA cuma sekitar 20 orang yang benar2 aktif, dan hampir semua tanggung jawab dan pengambilan keputusan diserahkan ke saya (sebagai presiden ICA waktu itu), saya pikir saya tidak mampu menangani semuanya.

15. Apa yang melatarbelakangi anda membuat rubikku.ning.com? yang kini dikenal sebagai forum cubing terbesar di Indonesia.
Mengajari orang Indonesia utuk sama2 belajar bermain rubik, karena menurut saya, rubik adalah mainan yang bermanfaat, lebih dari mainan lain.

16. Tujuan dalam cubing yang belum tercapai apa?
menjadi cuber tercepat se planet bumi.

17. Video cubing di lampu merah, dan kemudian ditangkap polisi sangat menginspirasi para cuber untuk melakukan hal serupa. Ceritakan sedikit mengenai video ini. dan Komentar anda mengenai hal ini.
Hehehe, ceritanya saya sedang belajar solve dibawah 30 detik, lampu merah tersebut bertimer sekitar 30 detikan juga. Saya dan teman-teman pengen nyoba solve disitu, trus direkam video, beberapa kali solve, keasikan, trus ada satu truk polisi lewat, kita sempat ‘digiring’ karena dikira lagi apa dan mengganggu ketertiban umum, setelah mereka tau itu main rubik, mereka jadi tertarik, malah pengen nyoba, Hahahaha.
Ga ada yang bisa solve polisinya, ga percaya bisa solve (mungkin karena kita tampangnya preman2 gitu kali ya) trus mereka suruh aku solve, setelah tau aku bisa solve, mereka lepas hahahaha.. dan semua kerekam di video, aku ijin ke mereka untuk aku upload di youtube, mereka oke, ya udah terus aku upload. Hahaha

18. Last but not least, Harapan buat dunia cubing indonesia…
Harapannya, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia menjadi negara cuber Nomor 1 sepanjang masa.

Om DD Crow saat maen rubik di lampu merah bareng Solo Cuber Brotherhood.

Iklan

13 thoughts on “Interview with Cuber : Didik Danardono a.k.a DD Crow

  1. Dulu kupikir rubik itu mainannya orang kurang kerjaan, ternyata seserius itu ada pertandingannya bahkan tingkat dunia to? Ku baru tahu, tapi beli rubik dimana? harganya berapa? Jadi penasaran…jendelakatatiti.wordpress.com

  2. pak DD emang hebat

    btw baru sadar nama gw disebut 😀
    Interaksi dengan sesama cuber, sharing metode, ngobrol2, dan posting kemajuan dalam cubing membuat rubikku semakin popular. Kini membernya mencapai 3000 orang.

    setidaknya termasuk gw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s